Berikut Jenis-jenis Investasi dan Penjelasannya yang Mudah Dipahami

Berikut Jenis-jenis Investasi dan Penjelasannya yang Mudah Dipahami

sinewavemagazine.com – Investasi adalah kegiatan di mana dana dialokasikan selama periode waktu tertentu melalui sarana investasi dengan harapan mendapatkan keuntungan (peningkatan nilai investasi) dari penggunaan dana tersebut. Seseorang yang mengalokasikan dana untuk investasi dikenal sebagai investor.

Ya, seseorang tentu saja mengharapkan pengembalian yang wajar melalui investasi. Namun, tidak jarang investasi yang dilakukan berujung pada kerugian kebangkrutan. Oleh karena itu, mengetahui jenis-jenis investasi yang tersedia dapat memberikan wawasan yang lebih baik sehingga investasi yang dilakukan tepat dan dapat menghasilkan seperti yang diharapkan.

Jenis-jenis Investasi dan Penjelasannya

1. Investasi Real Estate

Investasi real estat ini tergolong dalam kategori investasi aset riil karena melibatkan tanah dan bangunan seperti rumah, pensiun, bangunan komersial, gedung atau apartemen.

Investasi real estate ini dinilai memiliki masa depan yang menjanjikan. Ya, diketahui bahwa jenis investasi ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar karena harga jual properti cenderung meningkat setiap tahun.

Selain menjual, Anda juga bisa menyewakan properti Anda. Saat bisnis ini berkembang dan bergerak maju, Anda dapat membeli unit baru lagi. Jenis investasi properti ini setidaknya memiliki 2 keuntungan:

  • pertama, Anda dapat menggunakannya sebagai tempat tinggal dan jika Anda membutuhkan uang, Anda dapat menjualnya kembali atau hanya menyewakannya.
  • Kedua, risiko investasi real estat semacam itu tidak terlalu besar.

2. Investasi Emas

Investasi emas merupakan investasi yang sudah dikenal di berbagai kalangan. Jenis investasi ini sangat populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Cukup dengan membeli emas dalam bentuk perhiasan, koin emas atau dalam bentuk emas batangan, barulah kita bisa berinvestasi dengan emas. Mirip dengan real estat, emas adalah bentuk investasi dalam aset berwujud, yang bentuk fisiknya terlihat secara langsung.

Investasi emas ini cukup menarik, karena memiliki tren harga yang terus meningkat setiap tahunnya, yang menjadikan investasi emas sebagai investasi yang berharga dalam jangka panjang.

Berinvestasi dalam emas memiliki beberapa keunggulan, antara lain kemampuan bertahan di tengah inflasi, sistem investasi yang sederhana, risiko minimal, dan dapat dikonversi ke mata uang jika diperlukan. Namun, investasi emas ini juga memiliki kekurangan, yaitu penyimpanan. Jika disimpan di rumah berisiko hilang, jika disimpan di brankas akan dikenakan biaya penyimpanan.

3. Investasi Saham

Investasi ekuitas biasanya dilakukan oleh perusahaan besar. Saham adalah bentuk lain dari aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan diubah menjadi surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas aset perusahaan tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki 30% saham di suatu perusahaan, berarti Anda memiliki sepertiga dari total aset perusahaan, yang ditunjukkan dengan surat berharga (saham).

Keuntungan dari investasi saham ini adalah keuntungan yang berlipat ganda seiring dengan naiknya harga saham, meskipun modal yang ditanamkan dalam investasi saham ini relatif kecil. Namun, kemenangan besar tidak berarti risiko minimal. Berinvestasi saham membawa tingkat risiko yang sangat tinggi, Anda bisa langsung bangkrut jika harga saham turun atau turun tajam. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan dana yang baik untuk mengimbangi investasi ini.

4. Investasi obligasi

Obligasi adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan sebagai bentuk pernyataan utang oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi disertai kesepakatan untuk membayar kembali pokok dan bunganya di kemudian hari pada saat jatuh tempo. Meminjam lebih umum di perusahaan yang menawarkan pinjaman modal.

Keuntungan yang diperoleh dengan investasi obligasi biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan investasi deposito. Hal ini dikarenakan besarnya bunga atas investasi obligasi memiliki nilai yang lebih tinggi.

Keuntungan dari investasi obligasi ini adalah keuntungan yang lebih tinggi karena tingkat bunga yang lebih tinggi. Namun, investasi ini juga membawa risiko yang besar karena jika perusahaan peminjam bangkrut, investor juga bangkrut karena perusahaan tidak dapat membayar kembali pinjamannya.

Selain itu, dana tidak dapat ditarik sebelum jangka waktu pengembalian yang disepakati telah lewat.

5. Investasi Reksadana

Reksa dana adalah investasi yang dikelola oleh sekelompok orang yang kemudian secara kolektif menghimpun dana yang disalurkan ke berbagai pilihan investasi lain melalui seorang manajer investasi.

Keuntungan yang dihasilkan dari reksa dana ini kemudian dibagi rata kepada semua investor. Investasi reksa dana cocok untuk investor yang belum berpengalaman yang baru mengenal pasar modal.

Keuntungan investasi reksa dana ini terletak pada efisiensi waktu, karena investor sebagai investor tidak ikut serta dalam kegiatan perputaran modal tersebut. Namun, pengembalian investasi reksa dana ini terbilang flat atau tidak terlalu tinggi karena bagi hasil harus dibagi dengan investor lain ditambah biaya pengelolaan yang dibebankan oleh manajer investasi.

6. Investasi Deposito (hemat waktu)

Deposito berjangka ini merupakan investasi penghemat waktu berupa simpanan uang pada suatu perusahaan/bank dengan jaminan investor akan memperoleh keuntungan berupa bunga dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Investasi simpanan sampai batas tertentu merupakan penanaman modal pada produk simpanan pada suatu bank, dimana penyetoran atau penarikan hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Investasi dalam bentuk deposito pada dasarnya dibagi menjadi deposito berjangka dan sertifikat deposito. Keuntungan dari deposito berjangka tetap ini adalah Anda tidak perlu khawatir tentang pengelolaan modal Anda, dan sebagai hasil yang disepakati, suku bunga biasanya lebih tinggi daripada suku bunga bank pada umumnya.

Namun, Anda tidak diperbolehkan untuk menarik dana sebelum waktu penarikan tunai sesuai kesepakatan bersama, atau Anda akan dikenakan denda dan penalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *