Mudah, Inilah Cara Cetak dan Download Sertifikat Vaksinasi Covid

sinewavemagazine.com – Apa Itu Sertifikat Vaksin Covid-19 ? Sertifikat vaksinasi COVID adalah dokumen resmi yang membuktikan bahwa seseorang telah divaksinasi. Ini akan dikeluarkan setelah pemberian dosis (pertama dan kedua) vaksin COVID-19.

Kartu vaksinasi berisi ID referensi akun penerima dalam bentuk kode QR, yang berisi identitas dan nomor ponsel yang dapat digunakan untuk memanggil semua data orang tersebut.

Peserta vaksinasi menerima sertifikat setelah menerima vaksinasi Covid-19. Ketika seseorang telah menerima dua tahapan vaksinasi, akan muncul dua sertifikat vaksin.

Sertifikat yang dapat berupa fisik (kartu) maupun non fisik (digital) ini menjadi bukti bahwa seseorang telah melakukan vaksinasi Covid-19.

Jika sertifikat diterima dalam bentuk digital, dapat diunduh melalui aplikasi PeduliLindungi.id atau website. Setelah pengunduhan sertifikat berhasil dilakukan, peserta vaksin Covid-19 cukup mencetaknya.

Setelah berhasil menyelesaikan vaksinasi tahap pertama, peserta menerima SMS dengan nomor 1199. SMS berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksinasi dan jadwal vaksinasi untuk dosis kedua dengan tanggal dan tempat penyebaran Covid- 19 pemberian vaksin.

Selain itu, para peserta menerima tautan untuk melihat kartu vaksinasi digital sebagai bukti keberhasilan menyelesaikan fase vaksinasi pertama. Unduh sertifikasi vaksin dari aplikasi PeduliLindungi.id. Anda dapat memperoleh kartu vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.id.

Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid

Orang yang menerima dosis pertama vaksin COVID-19 hanya akan menerima kartu vaksinasi COVID-19 sementara. Hanya setelah Anda menerima kedua dosis vaksin, Anda akan menerima semua detail tentang vaksinasi.

Pada kedua tahap tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengunduh kartu vaksinasi COVID. Nah ada banyak cara untuk mendapatkannya. Anda dapat menggunakan situs web careprotect atau menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk menerima salinan digital kartu vaksinasi COVID.

PeduliLindungi adalah aplikasi seluler yang memungkinkan Anda menjadwalkan janji temu vaksinasi di perangkat Android dan iOS. Tetapi itu juga memungkinkan Anda untuk mengunduh sertifikat vaksinasi. Berikut langkah-langkah untuk nya:

  • Unduh atau Download pedulilindungi di Android dan iOS masing-masing dari Google Play Store dan Apple App Store.
  • Instal kemudian buka aplikasi PeduliLindungi.
  • Buat akun dengan mengisi identitas dan nomor ponsel lalu Ketuk ikon “Profil” di sebelah kanan kolom “Cari Zonasi”.
  • Ketuk “Sertifikat Vaksin” lalu tap “Periksa”.
  • Sekarang Anda dapat download sertifikat vaksinasi COVID.

Kita juga bisa mengunduh sertifikat vaksin dari website PeduliLindungi.id. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka halaman PeduliLindungi.id

2. Klik menu “Login/Daftar” di kanan atas

3. Jika Anda belum memiliki akun, klik “Buat Akun PeduliLindungi.id” dan masukkan nama Anda, NIK dan nomor telepon yang digunakan saat proses pendaftaran vaksinasi

4. Jika Anda sudah memiliki akun, masukkan nomor ponsel Anda dan klik “Daftar sekarang”.

5. Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang Anda gunakan saat mendaftar vaksin COVID-19

6. Masukkan enam digit kode OTP yang dikirimkan oleh PEDULI COVID melalui SMS

7. Di pojok kanan atas situs, klik Account Name. Jika Anda menggunakan ponsel, klik ikon tiga baris dan pilih Nama Akun.

8. Klik “Nama” yang ditampilkan pada “Sertifikat Vaksin” dan masukkan NIK Anda untuk membuka dan mengunduh Sertifikat Vaksin

9. Klik sertifikat untuk menampilkan opsi Unduh Sertifikat. Klik tombol tersebut, sertifikat vaksin COVID-19 akan terdownload secara otomatis.

Bagaimana cara mengunduh kartu vaksinasi COVID tanpa nomor ponsel dan NIK? Anda tidak dapat mengunduh sertifikat vaksinasi COVID tanpa nomor ponsel dan NIK. Semua cara kami mendaftar untuk mengunduh kartu vaksinasi COVID memerlukan nomor ponsel dan NIK. Anda memerlukan NIK untuk masuk ke situs web dan aplikasi Care Protect.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *